APA ITU MAQAM IBRAHIM?

APA ITU MAQAM IBRAHIM?


Allah Ta’ala menyebutkan Maqam Ibrahim dalam firman-Nya:


إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ (96) فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ (97)


“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” [Q.S. Ali Imran: 96-97]

Secara bahasa, maqam adalah nama tempat berdiri seseorang. Adapun mengenai Maqam Ibrahim, para ahli fiqh dan tafsir berselisih pendapat dalam mendefinisikannya. Di antara mereka mendefiniskannya dengan:


الْحَجَرُ الَّذِي تَعْرِفُهُ النَّاسُ الْيَوْمَ الَّذِي يُصَلُّونَ عِنْدَهُ رَكْعَتَيِ الطَّوَافِ


“Batu yang dikenal pada masa kini oleh orang-orang, yang mereka shalat di belakangnya dua raka’at selepas thawaf.”


Sebagian ulama lainnya mendefinisikannya dengan:


الْحَجَرُ الَّذِي ارْتَفَعَ عَلَيْهِ إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ حِينَ ضَعُفَ عَنْ رَفْعِ الْحِجَارَةِ الَّتِي كَانَ إِسْمَاعِيل يُنَاوِلُهَا إِيَّاهُ فِي بِنَاءِ الْبَيْتِ وَغَرِقَتْ قَدَمَاهُ فِيهِ


“Batu yang menjadi pijakan berdirinya Nabi Ibrahim alaihissalam ketika beliau kurang mampu mengangkat bebatuan yang diberikan oleh Nabi Ismail dalam rangka pembangunan al-bayt (rumah Allah) hingga bekas kedua kaki beliau terlihat padanya.” [Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, 38/340]


Orang-orang Arab pada zaman Jahiliyyah mengetahui hal tersebut. Abu Thalib berkata dalam syairnya:


ومَوطئُ إِبْرَاهِيمَ فِي الصَّخْرِ رَطْبَةٌ ... عَلَى قَدَمَيْهِ حَافِيًا غَيْرَ نَاعِلِ


“Pijakan Ibrahim di batu masih basah
Di atas kedua kakinya yang kosong tak beralas kaki.”[As-Sirah an-Nabawiyyah, 1/273]


Ibnu Katsir rahimahullah menceritakan:


وَقَدْ كَانَ الْمَقَامُ مُلْصَقًا بِجِدَارِ الْكَعْبَةِ قَدِيمًا، وَمَكَانُهُ مَعْرُوفٌ الْيَوْمَ إِلَى جَانِبِ الْبَابِ مِمَّا يَلِي الْحَجَرَ يُمْنَةَ الدَّاخِلِ مِنَ الْبَابِ فِي الْبُقْعَةِ الْمُسْتَقِلَّةِ هُنَاكَ، وَكَانَ الْخَلِيلُ، عَلَيْهِ السَّلَامُ  لَمَّا فَرَغَ مِنْ بِنَاءِ الْبَيْتِ وَضَعَهُ إِلَى جِدَارِ الْكَعْبَةِ أَوْ أَنَّهُ انْتَهَى عِنْدَهُ الْبِنَاءُ فَتَرَكَهُ هُنَاكَ؛ وَلِهَذَا -وَاللَّهُ أَعْلَمُ-أُمِرَ بِالصَّلَاةِ هُنَاكَ عِنْدَ فَرَاغِ الطَّوَافِ، وَنَاسَبَ أَنْ يَكُونَ عِنْدَ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ حَيْثُ انْتَهَى بِنَاءُ الْكَعْبَةِ فِيهِ، وَإِنَّمَا أَخَّرَهُ عَنْ جِدَارِ الْكَعْبَةِ أَمِيرُ الْمُؤْمِنِينَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ [وَهُوَ] أحدُ الْأَئِمَّةِ الْمَهْدِيِّينَ وَالْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ، الَّذِينَ أُمِرْنا بِاتِّبَاعِهِمْ، وَهُوَ أَحَدُ الرَّجُلَيْنِ اللَّذَيْنِ قَالَ فِيهِمَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "اقْتَدَوْا باللَّذَين مِنْ بَعْدِي أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ". وَهُوَ الذِي نَزَلَ الْقُرْآنُ بِوِفَاقِهِ فِي الصَّلَاةِ عِنْدَهُ؛ وَلِهَذَا لَمْ يُنْكِرْ ذَلِكَ أَحَدٌ مِنَ الصَّحَابَةِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَجْمَعِينَ.

“Dahulu, maqam Ibrahim menempel di dinding Ka’bah, dan tempatnya yang sekarang, di sisi dinding setelah Hajar Aswad sebelah kanan orang yang mau masuk ke pintu Ka’bah, berada di lokasi tersendiri. Tatkala Ibrahim selesai membangun Ka’bah, beliau meletakkan Maqam tersebut di dinding Ka’bah. Jadi, beliau selesai membangun dinding Ka’bah tatkala posisi Maqam di situ.  Oleh karenanya, wallahu a’lam, kita diperintahkan untuk shalat di sana ketika selesai dari thawaf dan shalat di Maqam Ibrahim yang merupakan tempat berakhirnya pembangunan Ka’bah. Maqam Ibrahim dimundurkan posisinya oleh Amirul Mukminin Umar bin al-Khaththab. Dialah imam yang mendapat petunjuk dari Khulafa Rasyidin. Beliau juga salah satu dari dua orang yang diteladani sesuai ucapan Rasulullah:


اقْتَدَوْا باللَّذَين مِنْ بَعْدِي أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ


“Teladanilah dua orang setelahku; Abu Bakr dan Umar.” [H.R. Ahmad, no. 23245, Ibnu Majah, no. 97, dan at-Tirmidzy, no. 3662]


Beliau juga shalat di Maqam Ibrahim sehingga al-Qur’an pun turun untuk mengamini dan menyepakati tindakannya. Oleh karena itulah, tidak satu pun sahabat yang mengingkari beliau tatkala memundurkan Maqam Ibrahim.” [Tafsir Ibnu Katsir, 1/417; dengan penerjemahan dari Ust. Firanda Andirja di kitab ‘Bekal Haji’, hal. 130-131]


Saya berkata: Di negeri kita, mungkin sebagian kalangan awam salah memahami arti dari lafal ‘maqam’, sehingga mereka mengira maksud dari maqam Ibrahim adalah kuburan Nabi Ibrahim. Lebih diperparah jika difahami darinya bolehnya shalat di kuburan, disebabkan di Makkah pun orang-orang shalat di kuburan Nabi Ibrahim bahkan diperintahkan untuknya. Ini jelas kesalahfahaman yang keterlaluan. Semoga Allah Ta’ala memberi hidayah dan taufiq pada kaum Muslimin.

Ditulis oleh: Hasan al-Jaizy

Referensi:
- Al-Qur’an
- Musnad Imam Ahmad
- Sunan Ibnu Majah