KOMENTAR WARAQAH BIN NAUFAL TENTANG RASULULLAH

Pertanyaan : 

Bismillahirrahmanirrahim. 


Waraqah bin Naufal berkata:


لقد جاءك الناموس الأكبر الذي جاء موسى


“Telah datang kepadamu an-Namus al-Akbar yang telah datang kepada Musa.”

Mengapa Waraqah bin Naufal hanya sebatas menyebutkan Musa ‘Alaihis salam? Beliau tidak menggolongkan Isa ‘Alaihis salam, saat mengucapkan itu kepada  Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam? Kenapa tidak beliau katakan Musa dan Isa padahal beliau seorang Nashrani?


Jawab : 

Disebutkan dalam hadits Shahih Bukhari dan Muslim bahwasanya Waraqah bin Naufal mengatakan hal yang demikian. Ibnu Hajar menjelaskan dalam bukunya “Fathul Bari” bahwa ada beberapa kemungkinan mengenai hal tersebut. Diantaranya adalah: “Dikarenakan Taurat mencakup banyak hukum-hukum agama dibandingkan Injil. Atau karena Musa diutus sebab kezaliman fir’aun dan para pengikutnya, sedangkan Isa tidaklah demikian. Persis yang pernah dialami oleh Nabi Shallallahu ‘alahi wasallam sewaktu perang Badr atas kedholiman Abu Jahal bin Hisyam bersama anak buahnya. Atau mungkin sebagai sebuah pembuktian akan kerasulan Musa ‘Alaihis salam, karena kenabiannya telah disepakati oleh Ahlul Kitab ( Yahudi dan Nasrani ). Berbeda dengan Isa yang mana kebanyakan dari orang-orang yahudi mengingkari kenabiannya.”

 

Kami menegaskan juga bahwasanya yang tercantum pada riwayat Abu Nu’aim ada beberapa isyarat yang menunjukkan bahwa Waraqoh menggolongkan Nabi Isa ‘Alaihis salam. Hal tersebut memang benar menurut Imam An-Nawawi.


Wallahu a’lam bisshowab.

Ditulis oleh Ust. Ahmad Yuhanna dan Ust. Hasan al-Jaizy

Referensi:
http://bit.ly/FATWA011