DENGAN SHALAT, URUSANMU DIPERMUDAH!

Pertanyaan : 

Saya seorang mahasiswa dalam ilmu kedokteran. Saya selalu menjaga sholat berjamaah dimasjid sampai saat ini, namun mulai susah bagi saya untuk menjalankannya karena tersibukkan oleh kuliah. Sampai-sampai saya meninggalkan sholat berjamaah dimasjid. Padahal saya mengetahui bahwa itu sangat fatal. Dan saya pun sudah berusaha sebesar-besarnya untuk melaksanakannya akan tetapi waktu saya habis bila untuk pergi kemasjid terbuang setengah jam setiap waktu sholat. Saya tak menyanggupinya. Lantas apa yang sebaiknya saya lakukan? 

Jawab : 

Klaim bahwa shalat berjamaah itu menghalangi antara kamu dan kuliah terlebih lagi klaim jika sholat di rumah pun termasuk suatu penghalang, sekalipun tidak sibuk kuliah , merupakan tipu daya setan kepadamu. 

Ketahuilah bahwasanya shalat tepat waktu sangat urgen sekali, karena hal itu termasuk salah satu yang membantu untuk merelasasikan perkara-perkara dunia. Allah pun telah memerintahkan kita untuk meminta pertolongan dengan menegakkan sholat sebagaimana dalam firmannya :


ูˆูŽุงุณู’ุชูŽุนููŠู†ููˆุง ุจูุงู„ุตู‘ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู

 “Mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” [Q.S. Al-Baqarah: 45]

Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bila tersibukkan dengan suatu hal,  beliau bergegas untuk menunaikan shalat. 
Badruddin al-Ainy –rahimahullah- berkata:


ุฃู† ุงู„ุฑุฌู„ ุฅุฐุง ู†ุฒู„ ุจู‡ ุฃู…ุฑ ูŠู‡ู…ู‡ุŒ ูŠุณุชุญุจ ู„ู‡ ุฃู† ูŠุตู„ูŠ

“Bila seseorang ada padanya suatu hal yang menguras fikirannya, maka dianjurkan agar ia  melaksanakan shalat.” [Syarh Sunan Aby Daud, 5/226]

Ketaatan kepada Sang Khaliq menjadikan suatu perkara menjadi mudah, sebagaimana dalam firman-Nya:

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชู‘ูŽู‚ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑูู‡ู ูŠูุณู’ุฑู‹ุง 

“Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka ia akan dipermudah dalam segala urusannya.” [Q.S. Ath-Thalaq: 4]


Jangan sampai setan membuatmu lengah dalam beribadah dan dengan tipu dayanya menghalangimu untuk melaksanakan perintah-perintah Allah. Ketahuilah, jikalau engkau bersungguh-sungguh dalam mengatur antara waktumu dan pekerjaanmu, dan mampu menyeimbangkan antara keduanya, engkau akan dipermudah dalam segala urusanmu, sehingga engkau tak mendapatkan kesulitan sedikitpun untuk menjalankan ibadah kepada Allah Ta’ala. 

 

Dan ketahuilah, bahwasanya shalat berjamaah adalah wajib hukumnya atas laki-laki yang sudah baligh menurut pendapat yang paling rajih diantara para ulama. Menunaikan shalat dimasjid  lebih utama dan lebih besar pahalanya walaupun sebagian tidak mewajibkannya. Kami wasiatkan kepada engkau wahai pemuda agar engkau lebih bersungguh-sungguh lagi  dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, dan meminta tolonglah kepada-Nya agar segala urusanmu selalu dipermudah. Berusahalah membagi antara waktumu dan pekerjaanmu. Jangan sampai engkau luput dari kewajibanmu yang paling utama, yaitu menuaikan hak Allah. 

 

Ditulis oleh :
Ust. Ahmad Yuhanna dan Ust. Hasan al-Jaizy
Referensi :


http://bit.ly/FATWA001
Syarh Sunan Aby Daud, Badruddin al-Ainy